HP Kamu Nyemplung ke Air ? Simak Cara Menyelamatkannya !

HP Kamu Nyemplung ke Air ? Simak Cara Menyelamatkannya ! – Barang elektronik pada dasarnya memang tidak pernah bersahabat dengan air. Meskipun ada juga beberapa smartphone yang memang sudah dilengkapi dengan air. Namun, harganya tentu saja tidak murah. Sebagian besar smartphone atau HP tetap saja dirancang agar tidak digunakan dengan air atau tidak bersahabat dengan air.

Namun, kadang kala ada saja hal – hal di luar rencana atau kecelakaan yang membuat smartphone Anda jatuh ke dalam air. Jika Anda mengalami hal ini, pastikan Anda menanggapinya dengan kepala dingin.

Smartphone yang jatuh ke air masih bisa diselamatkan asalkan Anda mengikuti beberapa tips berikut ini:

1. Jangan Langsung Menyalakan Ponsel

Begitu smartphone terkena air, tentu saja ada beberapa sistem yang terganggu. Sebagai bentuk perlindungan sistem, smartphone biasanya akan mematikan sistem. Jika hal ini terjadi, jangan mencoba menyalakan ponsel yang mati karena terkena air. Menyalakan ponsel yang mati karena terkena air tidak akan membantu apapun. Bahkan Anda malah membuat resiko ponsel menjadi rusak lebih besar. Karena, jika Anda menyalakan ponsel yang mati, bisa jadi akan terjadi korsleting pada kabel atau komponen tertentu yang ada di dalam ponsel.

Selain itu, jika smartphone Anda tetap menyala setelah terkenan air, pastikan Anda tidak menekan sembarang tombol. Tidak perlu melakukan pengecekan apakah smartphone Anda masih berfungsi atau tidak. Bisa jadi, justru karena Anda melakukan pengecekan, smartphone Anda jadi benar – benar rusak. Malah sebaiknya, Anda langsung mematikan ponsel Anda begitu tahu kalau ponsel Anda terkena air.

2. Jangan Mengguncang Atau Menggunakan Hair Dryer 

Respon lain yang umum dilakukan saat smartphone terkena air adalah dengan memiringkan smartphone. Cara ini dilakukan dengan harapan bahwa nantinya air akan keluar dari smartphone. Padahal, melakukan hal ini malah meningkatkan resiko air menyebar di dalam smartphone dan membuat kerusakan jadi semakin menyebar juga.

Hal yang sama juga dengan menggunakan blow dryer atau alat yang dapat memberikan tiupan angin yang kencang. Penggunaan blow dryer hanya akan membuat air yang masuk jadi mengenai komponen lainnya. Bukannya membuat smartphone Anda kembali normal, hal ini bisa makin memperburuk kondisi smartphone Anda.

Penggunaan hair dryer juga termasuk sesuatu yang sangat tidak dianjurkan. Suhu panas mungkin bisa membuat air yang masuk jadi menguap dan kering. Akan tetapi, Anda juga harus tahu bahwa ada banyak komponen di dalam smartphone yang tidak bisa terkena suhu panas yang tinggi. Penggunaan hair dryer malah akan merusak komponen tersebut.

3. Bersihkan Atau Bilas Lebih Dulu 

Meski terdengar aneh, hal ini penting untuk dilakukan. Apalagi jika smartphone Anda tercebur di air yang kotor atau air laut. Begitu Anda tahu smartphone Anda jatuh, segera bilas bagian luar smartphone Anda. Apalagi kalau tercebur di air laut yang asin. Kandungan garam laut yang masuk dalam perangkat bisa menyebabkan smartphone Anda cepat rusak.

4. Keluarkan Satu Per Satu Bagian – Bagian Smartphone

Setelah mematikan smartphone, langkan selanjutnya adalah mengeluarkan satu per satu bagian smartphone. Jika memungkinkan lepas bagian casing pada smartphone Anda. Selanjutnya, keluarkan juga kartu micro SD dan juga SIM dari slot smartphone. Jika memungkinkan, lepaskan baterais smartphone Anda.

5.Gunakan Lap Kering Atau Vakum

Selanjutnya, gunakan lap kering, tisu, handuk untuk mengeringkan smartphone. Pastikan air yang masuk tidak menyebar ke area lainnya. Jika air terlanjur masuk ke area yang lebih dalam, Anda bisa menggunakan alat vakum. Dengan begitu, air yang ada pada celah tak terjangkau bisa segera disedot oleh vakum tersebut.

6. Timbun Dalam Beras Dan Simpan Di Dry Box 

Salah satu cara untuk mengatasi smartphone yang terkena air adalah dengan menimbunnya di dalam beras. Beras memiliki kemampuan menyerap air yang baik. Meski cukup janggal, Anda bisa mencoba merendam smartphone Anda dalam beras. Usahakan untuk menyimpannya sekitar 24 jam.

Selain itu, Anda juga bisa menyimpan smartphone Anda di dalam drybox atau kotak yang biasa digunakan untuk menyimpan kamera. Simpan smartphone Anda di dalamnya setidaknya selama satu hari. Jangan terburu – buru menggunakan smartphone Anda kembali. Jika memungkinkan, sambil menunggu, Anda bisa menggunakan smartphone lainnya untuk sementara waktu.

7. Periksa Kondisi Smartphone 

Setelah semua langkah tersebut dilakukan, selanjutnya periksa apakah smartphone Anda benar – benar sudah bebas dari air atau belum. Untuk memastikan, Anda bisa mengeringkan smartphone Anda lagi di depan kipas angin atau dijemur di bawah sinar matahari.Jika Anda yakin sudah tidak ada air, maka Anda bisa memasukkan kembali baterai, SIM, dan SD Card Anda lalu menyalakan smartphone Anda lagi. Cek apakah layar sentuh smartphone masih berfungsi dengan baik atau tidak. Kemudian coba juga nyalakan musik atau lagu untuk memeriksa kondisi speaker ponsel Anda.

Jika ponsel masih belum bisa dinyalakan, Anda bisa kembali mencabut baterai dan menyalakan smartphone dengan menggunakan charger. Apabila smartphone bisa menyala, maka baterai Anda mengalami kerusakan dan Anda tinggal menggantinya dengan yang baru. Akan tetapi, jika masih tetap tidak bisa, cobalah untuk membawa smartphone Anda ke service center resmi atau service center terpercaya untuk ditangani.

Nah, itulah beberapa cara ahli yang bisa Anda lakukan saat smartphone Anda jatuh atau tercebur di air. Meskipun ada cara mengatasi ponsel yang terkena air, upayakan agar ponsel Anda tidak pernah tercebur atau jatuh ke air lagi ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *